Sabtu, 24 Maret 2012

Manajemen Komunikasi

Pentingnya komunikasi yang baik
Komunikasi merupakan sarana penting dalam kehidupan sehari-hari. Kita sadar tanpa komunikasi apa jadinya dunia ini ,, kita bayangkan apabila di dunia ini tidak ada'a komunikasi ,, pasti sudah terjadi peperangan dimana-mana ,, Komunikasi ada di mana-mana, di rumah, dikampus, di Mesjid, di Kantor dan sebagainya. Komunikasi menyentuh segala aspek kehidupan kita. Sebuah penelitian (Applboum, 1974 : 63) menyebutkan bahwa tiga perempat (70%) waktu bangun kita digunakan untuk berkomunikasi – membaca, menulis dan mendengar an (We spend an estimated three-fourths of our waking hours in some form of communications-reading, writing, speaking and listening) Komunikasi menentukan kualitas hidup kita. Dan komunikasi erat hubungannya dengan kepemimpinan, kita sadar seorang pemimpin apabila tidak mempunyai komunikasi yang baik dengan rakyat'a pasti sudah dibenci, Rogers (1969:180) mengatakan “Leadership is Communication. Kemampuan berkomunikasi akan menentukan berhasil tidaknya seorang pemimpin dalam melaksanakan tugasnya, dan komukasi juga dapat menentuka baik tidak'a seseorang pertama kali bertemu seseorang pasti yg diliat selain penampilan adalah komunikasi'a seseorang yang baik berkomunikasi bertutur kata dengan sopan dan ramah tamah.

Dalam Manejemen Proyek Komunikasi sangat di perlukan keberhasilan suatu komunikasi menentukan langkah selanjutnya dalam perencanaan proyek atau kerja sama kedua belah pihak. Manajemen sering mempunyai masalah tidak efektifnya komunikasi. Padahal komunikasi yang efektif sangat penting bagi para manajer, pertama, komunikasi adalah proses melalui mana fungsi-fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dapat dicapai. Proses Komunikasi memungkinkan manejer untuk melaksanakan tugas-tugas mereka. Informasi harus dikomunikasikan kepada stafnya agar mereka mempunyai dasar perencanaan, agar rencana-rencana itu dapat dilaksanakan. Pengorganisasian memerlukan komunikasi dengan bawahan tentang penugasan mereka. Pengarahan mengharuskan manejer untuk berkomunikasi dengan bawahannya agar tujuan kelompok dapat tercapai. Jadi seorang manejer akan dapat melaksanakan fungsi-fungsi manajemen melalui interaksi dan komunikasi dengan pihak lain. Sebahagian besar waktu seorang manejer dihabiskan untuk kegiatan komunikasi, baik tatap muka atau melalui media seperti Telephone, Hand Phone dengan bawahan'a. Atau manejer dapat melakukakan komunikasi tertulis seperti pembuatan memo, surat dan laporan-laporan yang memungkinkan komunikasi dapat berjalan ,,

Rencana Komunikasi
Setiap orang di dunia pasti mempunyai rencana dalam hidup'a. begitu juga komunikasi seseorang menjalin komunikasi dengan orang lain pasti memiliki rencana apakah itu ingin menjalin hubungan yang baik dengan orang itu atau memiliki rencana yang lain. Tetapi rencana Komunikasi disini lebih diarahkan kepada Manajemen Proyek ,, Sebuah Proyek pasti memerlukan perencanaan dalam pengoprasiannya dan rencana itu tidak akan dapat di laksanakan tanpa adanya komunikasi yang baik dalam penyampaiyan'a , artinya apabila kita mempunyai sebuah gagasan dan tidak tau cara penyampaiannya pasti akan percuma, disinilah pentingnya Rencana Komunikasi ,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management