Minggu, 25 Maret 2012

Menginstal Komputer Lewat Flashdisk

Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara menginstal computer dengan menggunakan USB Kingston 3Giga. Berikut adalan langkah-langkah nya ..

1.      Format Flashdisk
Hubungkan flashdisk anda ke komputer disini saya menggunakan windows 7 . Jika dalam flashdisk tersebut masih ada datanya, maka disarankan untuk membackup smua data yang ada didalamnya. Kita harus memformat flashdisk tersebut sebelum digunakan sebagai “bootable device”.  Disini saya sudah memformat flash disk saya free space’a terlihat 3.71 GB.


Buka Command Prompt .Caranya, cari cmd.exe yang ada dalam folder Windows/System32, click kanan file tersebut, pilih “Run as Administrator”. Atau bias juga dengan cara klik windows + R. ketik CMD dan enter



Jika drive sistem windows berada di C, maka anda harus berada di command prompt c:\Windows\system32.



2.      Ketik “diskpart” pada command line untuk menjalankan Disk Partition command line tool yang memungkinkan kita dapat membuat partisi dan memformat disk yang sedang aktif.
3.      Ketik “list disk” untuk menampilkan semua disk yang sedang aktif, dan masing-masing disk juga ditampilkan dengan memiliki nomor dibelakangnya. Cari flashdisk yang tadi dihubungkan dengan melihat pada besarnya kapasitas. Pada gambar dibawah, flashdisk saya adalah (3 GB).

Kemudian ketik perintah berikut dan ikuti langkah-langkahnya:

4.      Ketik clean dan tekan ENTER. (menghapus semua partisi yang ada di flashdisk, termasuk yang disembunyi).

5.      Ketik create partition primary lalu tekan ENTER. (membuat partisi baru dengan parameter default).

6.      Ketik select partition 1 dan tekan ENTER1 (memilih/fokus pada partisi yang baru saja dibuat).

7.      Ketik active dan tekan ENTER. Active (mengaktifkan partisi yang dipilih, juga untuk menginformasikan ke disk firmware bahwa partisi tersebut merupakan partisi sistem yang valid).
8.      Ketik format fs=fat32 dan tekan ENTER(memformat partisi dengan sistem file NTFS. Proses ini mungkinakan membutuhkan waktu beberapa menit, tergantung dari kapasitas flashdisk yang digunakan).


9.      Ketik assign dan tekan ENTER(memberi nama volume flashdisk dan alamat drive letter. saya menggunakan drive “L”) .
10.  Ketik exit dan tekan ENTER. (keluar dari DiskPart tool).
11.  Masukkan disk DVD windows 7  dan copy lah semua isi DVD tadi ke USB Flaskdisk anda.
12.  Booting komputer anda melalu USB Flashdisk, setting malalui bios komputer anda, pastikan boot nya melalui USB Flashdisk, apabila langkah2nya betul, maka proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk.
13.  Jika sudah tinggal extrak file windows anda di flashdisk dan jalankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management