Senin, 29 April 2013

PENGENALAN JAVA & ANDROID

Pengenalan Java
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek. Pemrograman berorientasi obyek merupakan suatu konsep pemrograman dengan mengambil konsep obyek sebagai komponen dasar dari pemrogramannya. Obyek merupakan suatu kesatuan komponen dan struktur yang di dalamnya berisi attribut yang selanjutnya dinamakan dengan member dan method yang merupakan kumpulan fungsional dari suatu obyek. Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Pada awalnya bahasa ini diberi nama Oak. Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "bapak java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java". Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).

Kelebihan Java

  • Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris.
  • OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek.
  • Library claa yang lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.

  • Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ yang tidak membutuhkan pointer.
  •  Garbage collection otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

   Java Development Kit JDK singkatan dari Java Development Kit, merupakan seperangkat kode, library, form dan paket yang berguna untuk membuat aplikasi atau applet java. JDK sendiri dapat di download

JDK memiliki 3 kelompok Pengembangan, yaitu:
  1. J2SE (Java 2 Standard Edition)
  2. J2EE (Java 2 Enterprise Edition)
  3. J2ME (Java 2 Mobile Edition)

  • J2SE (Java 2 Standard Edition)
J2SE ini biasa digunakan pada perangakat desktop. Seperti ( Game Desktop ).
  • J2EE (Java 2 Enterprise Edition)

Merupakan standar untuk mengembangkan aplikasi skala besar / enterprise. J2EE banyak digunakan sebagai platform untuk pemrograman di sisi server.
  • J2ME (Java 2 Mobile Edition)

Adalah salah satu platform java yang dirancang untuk aplikasi mobile dan sistem tertanam. Level Java ME digunakan untuk merancang perangkat lunak handphone dan PDA. Jika suatu JDK telah di download dan diinstal dalam computer kita, organisasi dikelola dalam folder yang namanya sesuai package.



Dalam J2ME telah didefinisikan dua buah konfigurasi yaitu CLDC (Connected Limited Device Configuration) untuk perangkat kecil dan CDC (Connected Device Configuration) untuk perangkat yang lebih besar.
  • ·         Connected Limited Device Configuration (CLDC)

CLDC atau connected limited device configuration adalah perangkat dasar dari J2ME, spesifikasi dasar yang berupa library dan API yang diimplementasikan pada J2ME, seperti yang digunakan pada telepon selular, pager, dan PDA. Perangkat tersebut dibatasi dengan keterbatasan memori, sumber daya, dan kemampuan memproses. Spesifikasi CLDC pada J2ME adalah spesifikasi minimal dari package, kelas, dan sebagian fungsi java virtual machine yang dikurangi agar dapat diimplementasikan dengan keterbatasan sumber daya pada alat-alat tersebut, JVM yang digunakan disebut KVM (kilobyte virtual machine).
  • ·         Connected Device Configuration

CDC atau connected device configuration adalah spesifikasi dari konfigurasi J2ME. CDC merupakan komunitas proses pada java yang memiliki standardisasi. CDC terdiri dari virtual machine dan kumpulan library dasar untuk dipergunakan pada profile industry. Implementasi CDC pada J2ME adalah source code yang menyediakan sambungan dengan macam-macam platform.
  • ·         Mobile Information Device Profile (MIDP)

MIDP atau mobile information device profile adalah spesifikasi untuk sebuah profile J2ME. MIDP memiliki lapisan di atas CLDC, API tambahan untuk daur hidup aplikasi, antarmuka, jaringan, dan penyimpangan persisten.
  • ·         Kilobyte Virtual Machine (KVM)

KVM adalah paket JVM yang didesain untuk perangkat yang terkecil. KVM mendukung sebagian dari fitur-fitur JVM, seperti misalnya KVM tidak mendukung operasi floating-point dan finalisasi objek. KVM diimplementasikan dengan menggunakan C sehingga sangat mudah beradaptasi pada tipe platform yang berbeda.
  • ·         C-Virtual Machine (CVM)

CVM adalah paket JVM optimal yang digunakan pada CDC. CVM mempunyai seluruh fitur dari virtual machine yang di desain untuk perangkat yang memerlukan fitur-fitur Java 2 virtual machine.
  • ·         MIDlet

MIDlet adalah aplikasi yang ditulis untuk MIDP. Aplikasi MIDlet adalah bagian dari kelas javax.microedition.midlet.MIDlet yang didefinisikan pada MIDP. MIDlet berupa sebuah kelas abstrak yang merupakan subkelas dari bentuk dasar aplikasi sehingga antarmuka antara aplikasi J2ME dan aplikasi manajemen pada perangkat dapat terbentuk.
  • ·         JAD (Java Application Descriptor)

Digunakan untuk mendeskripsikan isi aplikasi untuk keperluan pemetaan. File JAD berisi deskripsi file JAR (java archive) dan pemetaan atribut MIDlet, sedangkan file JAR berisi kumpulan kelas dan resource.

Sampai disini dulu ya .. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management